Sudah kenal motor listik Alva One? Nah, kali ini pada tanggal 27 Mei 2023 PT. Ilectra Motor Group yang merupakan produsen dari motor Alva One meluncurkan model baru yang dinamakan Alva Cervo. Berbeda dengan Alva One yang memiliki desain elegan, kali ini Alva Cervo hadir dengan tampang yang sangar. Sekilas mengingatkan saya dengan skuter Italia yang bernama Italjet Dragster. Walaupun ga se-ekstrim Italjet namun desain yang dimilik Alva Cervo ini cukup menarik karena belum ada molis yang begaya seperti ini. Karena kebanyakan molis mengambil desain yang aneh dan ga jarang kurang proposional.

di bagian depan terlihat pada lampu utama sudah menggunakan LED projector yang disusun menumpuk semakin menguatkan kesan sporty dan streetfighter. Begitu juga dengan lampu DRLdan sign, tentunya sudah menggunakan LED juga.


Untuk bagian belakang kita bisa lihat pelek yang berukuran lebar dan spakbor model menempel di roda seperti Ducati Diavel yang dilengkapi juga dengan lampu sein, dudukan plat nomor beserta lampunya yang tentunya sudah LED juga.


Geser ke area sebelah kiri, kita bisa melihat kalau ada yang beda nih dari motor Alva sebelumnya. Berbeda dengan Alva One yang menggunakan penggerak tipe Hub-Drive (motor penggerak di roda), kali ini Alva Cervo menggunakan model penggerak bertipe Mid-Drive (motor penggerak berada di tengah). Hmm... tapi ada yang beda nih.. Biasanya penggerak tipe Mid-Drive memerlukan swing arm dan belt atau rantai untuk memutar roda belakang yang tidak tertutup, tapi di Cervo ini dia menggunakan cover yang sekaligus menjadi swingarm seperti CVT pada motor matic konvensional. 


Dan sepertinya terdapat seperti transmisi tambahan yang mereduksi torsi yang besar dari motor listriknya. Sehingga tidak memerlukan pulley besar seperti pada motor Gesits.


Untuk Max Power dari motor listiknya sendiri Alva mengkalim 9.8 kW (13.3 PS). Hmm.. cukup besar juga ya? Power sebesar itu didukung dengan torsi sebesar 53,5 Nm. Dengan top speed yang bisa mencapai 103 Km/jam. Wah ini sih yang di tunggu-tunggu konsumen Indonesia banget nih.

Pada area pijakan kaki kita akan sedikit dimanjakan. Cervo memiliki 2 posisi tempat kaki, bisa biasa, bisa selonjoran seperti pada skutik-skutik maxi. Tentunya dengan dek yang tidak rata seperti pada Alva One. Ada apa di dek tengah yang terlihat cukup besar itu? Yuk kita intip.

Ternyata dek tengah bisa dibuka, dan merupakan tempat diletakkannya 2 buah baterai yang spertinya bisa dengan mudah di angkat. Berbeda dengan Alva One yang diletakkan di bawah jok. Baterai ini berkapasitas 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh) yang di klaim dapat menempuh jarak 125 Km sekali charge untuk tipe 2 baterai. Dengan waktu pengecasan sekitar 4 jam (untuk 2 baterai). Motor ini bisa di charge langsung di motor ataupun diluar motor.

Buat yang perlu ngecas gadget di jalan, jangan khawatir Cervo juga sudah memiliki fitur USB charger.


Lanjut ke area stang, Alva Cervo menggunakan tipe naked yang lebih beraura adventure/streetfighter. Spedometernya berbentuk kotak berteknologi full color LCD yang cukup terlihat jelas disiang hari. pada malam hari background nya akan berubah menjadi hitam, aga tidak terlalu silau. Tampilannya pun terlihat cukup lengkap, ada takometer, speedometer, odometer, indikator baterai, jam digital, indikator suhu baterai dan mesin dan juga beberapa ikon lain di sisi luar LCD.


Pada area handle kanan terdapat tombol biru yang berguna untuk menyalakan fitur Turbo Boost yang sepertinya berguna untuk menambah power yang dibutuhkan jika diperlukan. Selain itu terdapat juga tombol riding mode Eco, Low, dan Sport. Dan yang berwarna merah adalah semacam engine cut off.



Karena baterai berada di dek tengah, maka area bagasi di bawah jok bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang. Namun sepertinya tidak terlalu besar kapasitasnya. Ditambah seperti ada tonjolan kotak di tengahnya (mungkin tempat controller). Sepertinya cukup untuk membawa jas hujan, sarung tangan dan barang lainnya yang tidak terlalu besar.


Alva Cervo menawarkan lima pilihan warna, mulai dari Nebula Green, Mars Cooper, Edgy Turquoise, Halo White dan Supernova Black. Selain itu ditawarkan juga dua opsi aksen meliputi putih dan hitam. Corak tersebut meliputi bagian front face, swing arm, dan back handle.


Halo White

Nebula Green

Mars Cooper

Supernova Black

Edgy Turquoise

Selain warna konsumen juga bisa memilih aksen warna silver atau hitam di bagian behel, swing arm, dan lampu depan. Asik kan?

Bukan Alva namanya kalu tidak didukung dengan aplikasi mobile pendukung after sales nya. Fitur di app nya cukup lengkap seperti pada Alva One.






Harga motor listrik Alva Cervo dibanderol sebesar Rp 42,7 juta untuk varian dua baterai. Sedangkan opsi satu baterai bisa didapatkan dengan banderol Rp 37,7 untuk OTR (on the road) DKI Jakarta. Gimana gaes? Tertarik untuk meminang motor listrik terbaru dari Alva ini?





Post a Comment