Mobil listrik Wuling Air ev memang semakin menjadi trend belakangan ini, dengan harga yang paling murah saat ini untuk mobil listrik murni, mobil ini bisa dengan mudah di charge ke colokan rumah biasa. Tapi untuk bisa mengisi ulang daya di rumah ternyata ada syaratnya loh. Yuk kita simak.

Kendala bagi konsumen di Indonesia untuk memiliki mobil listrik adalah ketersediaan charging station atau SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) yang masih jarang.

Umumnya pabrikan yang menjual mobil listrik akan menyediakan fasilitas home charging untuk penggunaan di rumah. Tapi untuk kendaraan Wuling Air ev ini fasilitas ini diberikan sebagai opsi alias tergantung kebutuhan konsumen.

Wuling Socket Box (opsional)

Lalu bagaimana pemilik Wuling Air ev ini mengisi daya mobilnya kalau tidak menggunakan home charging? Setiap pembelian Wuling Air ev ini akan mendapat kabel untuk bisa mengisi ulang di rumah. Intinya sama seperti ketika membeli peralatan elektronik saja, yang pasti akan mendapat kabel untuk pengisian daya ke listriknya.

Wuling Charging Pillar (opsional)

“Setiap pembelian Wuling Air ev pasti akan dapat kabel charging dan juga adaptornya, tapi untuk wall charging di rumah kita berikan sebagai opsional. Jadi tergantung kebutuhan konsumen saja,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors saat menjelaskan fitur di Wuling Air ev ini di Wuling Center, Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Nah kabel tersebut bisa digunakan untuk mengisi ulang daya mobil ini di rumah, namun ada ketentuan batas minimal berapa daya listrik di rumah yang bisa untuk mengisi daya Wuling Air ev ini. Menurut Danang, Wuling Air ev bisa dicolok listrik rumah yang minimal dayanya 2.200 watt.

“Wuling Air ev bisa di-charge di rumah tapi syaratnya dayanya minimal 2.200 watt (2,2 kW) tapi itu hanya untuk mengisi ulang baterai mobilnya saja. Jadi tidak bisa kalau listrik di rumah hanya 2.200 watt, karena kan ada penggunaan listrik yang lain seperti AC, kulkas, alat elektronik lain dan lampu-lampu,” bebernya menjelaskan.

Foto : Gridoto.com

Jadi untuk bisa memiliki Wuling Air ev ini dan bisa charge di rumah sebaiknya punya daya listrik di atas 4.000 watt atau 4 kW. Itu pun waktu pengisian mobil Air ev akan memakan waktu kurang lebih 8,5 jam untuk tipe yang Standard Range.

“Dari 20 persen sampai 100 persen kalau dayanya 2.200 watt kurang lebih butuh waktu 8,5 jam. Tapi bisa lebih cepat kalau dayanya di rumah juga lebih besar, bisa cuma 4 jam kalau dayanya 6,6 kW atau 6.600 watt. Untuk pengecasannya juga bisa langsung colok ke listrik rumah yang umum,” tambah Danang.

Foto : Kompas.com

Dengan daya listrik minimal di atas 3.500 watt masih ideal untuk memiliki mobil listrik Wuling Air ev ini, yang memang penggunaannya didesain untuk di dalam kota saja. Jadi waktu 8,5 jam untuk mengisi ulang dayanya masih bisa sambil ditinggal tidur deh.

Tapi intinya kalau listrik di rumah masih 1.300 watt atau 2.200 watt sebaiknya urungkan dulu niat untuk membeli mobil listrik. Mungkin solusi yang paling mungkin beli motor listrik dulu saja kali yaa!

 


Sumber : Rockomotif.com

Post a Comment