Setelah kemarin foto penampakan resminya muncul di internet. Saya mendapatkan kabar bahwa ada unit Gesits Raya di dealer Gesits Bintaro. Saya langsung meluncur kesana untuk melihat langsung unit nya. Sekilas memang terlihat mirip dari depan, tapi kalo kita lihat sekelilingnya, terdapat lumayan banyak yang beda. Apa aja? yuk simak terus artikel ini.


Kita mulai dari area depan. Terlihat memang perbedaan mencolok ada di stang nya yang pada Gesits Raya dibuat terondol atua telanjang seperti motor sport. Speedometer pun terekspos, tidak ada windshield kecil seperti pada bocoran paten nya. Untuk lampur DRL yang berfungsi sekaligus sebagai lampu sein, kini menyatu dengan lampu utama, sehingga area tebeng terlihat lebih clean, namun supaya ga polos-polos amat Gesits ngasih semacam guratan-guratan desain baru pada area tebeng nya. Untuk Spakbor depan masih sama, begitu juga dengan suspensinya. Kelir sewarna body di bawah dek, kini diganti dengan warna hitam doff.


Nah, untuk area speedometer juga terlihat sekali perbedaannya. Untuk G1 menggunakan layar tipe Full Color LCD yang lebih berwarna dan mempunyai sensor day & night yang bisa menyesuaikan background tergantung kondisi cahaya. Sedangkan pada Raya layarnya menggunakan tipe LCD Monokrom, ya terlihat seperti downgrade sih, tapi menurut saya desain layout nya ga kalah keren kok, malah lebih terlihat cocok dengan style "Street" yang diusung si Raya ini.


Untuk area tombol di stang juga berubah. Untuk Gesits Raya terlihat desain tombolnya lebih "niat", karena punya desain yang berbeda di tiap tombolnya, sedangkan pada G1 tombol lampu dim dan sein nya terlihat mirip. Untuk build quality, terasa sekali peningkatan kualitas pada Gesits Raya. Bahan meterial plastiknya lebih solid dan enak di pegang, begitu juga handgripnya, punya Raya lebih nyaman di genggam. Namun kalo kita notice, tombol Bluetooth di Raya malah hilang, apakah fitur connected ke smartphone dihilangkan pada Gesits Raya ini? Saya tanya orang dealer nya juga belum tau, karena belum ada spek resmi yang dikeluarkan dari pihak Gesits pusat. Jadi ya kita tunggu saja kabar terbarunya.


Dibagian belakang terlihat perbedaan yang sangat mencolok. dari mulai Body belakang, lampu rem, lampu sein, dan spakbor belakang. Lampu rem yang dulu terpisah dan memanjang hingga ke samping body sekarang dibuat lebih "normal" dan simple. Sedangkan lampu sein nya model terpisah seperti di motor sport dan beberapa matic sporty belakangan ini. Lampu sein ini juga sudah menyala secara sequential, tidak hanya berkedip biasa. Spakbor belakang juga terlihat lebih sporty, tidak hanya lurus seperti pada G1.


Untuk ban bawaan nya Gesits Raya sudah menggunakan Maxxis Diamond.




Untuk harga, pabrikan lokal yang satu ini ini agak diluar kebiasaan, biasanya motor baru dibandrol lebih mahal dari generasi lama nya, lah ini... di Gesits Raya justru lebih murah hampir 1 juta rupiah dari G1. Untuk harga Gesits Raya dibandrol Rp. 27,990,000,- OTR Jakarta, harga ini lebih murah dari Gesits G1 yang dibandrol Rp. 28,970,000,- OTR Jakarta. 


Kok bisa lebih murah? Saya juga belum tau apa yang membuat harga Gesits Raya lebih miring. Karena pihak tenaga penjual yang saya temui juga belum mendapatkan spesifikasi detail dari Gesits pusatnya, berhubung motor ini memang baru datang beberapa hari sebelum saya datang ke dealer. Menurut kalian gimana gaes?





Post a Comment