Di jaman serba online seperti sekarang ini kita pasti sering berbelanja di online marketplace (Toko online) seperti Tokopedia, Bukalapak, dll. Untuk pengiriman barang kitapun akrab dengan pilihan ekspedisi pengiriman barang JNE, Wahana, ataupun Kantor Pos. Nah sekarang para pengguna ekspedisi pengiriman barang ditambah lagi dengan pilihan baru yg bisa jadi pertimbangan, yaitu J&T Express dan JET Express.

Ada yang aneh? kok mirip ya? apa mereka 1 perusahaan yang sama? Hati-hati... Karena penggunaan warna yang sama (merah) dan nama website yg mirip. Banyak yang mengira kalo ini adalah brand yang sama. Padahal ini adalah dua brand ekspedisi yang berbeda. Entah siapa yang duluan.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <ins class="adsbygoogle" style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-3264655760739828" data-ad-slot="8978035385"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Coba kita cari tahu dari website resminya.

Untuk J&T Express : www.jet.co.id


Untuk JET Express : www.jetexpress.co.id


Service yang diberikan pun cukup sama. Ada Tarif check, Pickup Service, Online Tracking, Apps, dll.




Alamat kantor keduanya pun berbeda jauh. Untuk J&T di Jakarta Utara, sedangkan JET di Gading Serpong.

Kantor Pusat J&T

Landmark Pluit
Unit B1 Floor 8,9,10
Jl. Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara, 14450

Kantor Pusat JET

JL. IL Lago Gading Serpong,
Mendrisio 4 Blok A No 6-9, Tangerang

Dari tampak luar outlet atau agen masing-masing brand ada sedikit perbedaan. Sepengamatan saya J&T lebih agak "bermodal" karena biasanya minimal ada di ruko dengan billboard atau sign toko yang cukup besar.


J&T juga menggandeng Deddy Corbuzier sebagai brand ambassasdor nya.


Dan untuk JET terlihat ebih sederhana, biasanya cukup dengan kios kecil hanya menggunakan Neon Sign kecil dan spanduk saja. Mungkin tergantung paket kemitraan nya kali ya... dimana menurut di website nya JET untuk menjadi agen cukup bermodal 5 juta saja.



Dari keduanya ini yang saya sudah sering coba service nya adalah J&T Express. Karena kebetulan marketplace yang saya sering gunakan hanya ada J&T, JNE, Wahana, dan Kantor Pos, tidak tersedia JET. 

Untuk urusan kecepatan pengeiriman saya cukup kagum dengan brand baru ini. Untuk pengiriman jarak dekat (Jabodetabek) dengan harga yang lebih mahal sekitar Rp 1000 dari JNE untuk reguler, barang bisa sampe kurang dari 24 jam sejak barang masuk ke agen. Dimana kalau pake JNE saya bisa memakan waktu 2-3 hari. Saya juga pernah coba pengiriman dari Surabaya ke Tangerang butuh waktu 3 hari.

Untuk JET jika next time ada kesempatan akan saya coba bahas disini.

Semoga berguna.


25 Komentar

  1. websitenya jg mirip..menurut saya sih kayaknya yg muncul duluan J&T.. karna '&' dibaca 'en' jadi muncullah JET..
    yg muncul duluan berhak menuntut yg muncul belakangan krn ada aturan logo dan merk tdk boleh mencapai kemiripan sekian persen. kalo ga salah 60% ke atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa di tuntut sih, tapi sepertinya pihak J&T tidak terlalu ambil pusing karena perkembangan J&T terlihat lebih pesat daripada JET.

      Hapus
  2. JET sama dengan J&T cuma JET sahamnya udah dujual Karna namanya kurang spesifik buat di tangkap masyarakat. Akhirnya dibangun lah J&T biar mirip" nama JNE , agar masyarakat mengira J&T dan JNE itu satu produk dan mudah di cerna masyarkat. Dan cepet melonjak karna mengambil nama yg hampir mirip JNE , masyarakat gamungkin dong nyebut J&T (J dan T ) pasti J n T

    BalasHapus
  3. mungkin sumber dana nya sama, hanya dikelola oleh dua org yg berbeda....ah sudahlah...😁

    BalasHapus
  4. J&T di Plesetin JNE dan TIKI :D
    Mungkin sama, JNE dan TIKI dulu juga 1 Perusahaan TIKI lebih ke International, lalu dibangun JNE untuk domestik. Sekarang udah sendiri2 mereka

    BalasHapus
  5. Hampir aku ngirim ke JET kiriman yang harusnya J&T, soalnya emang deket rumah itu yg JET di samping catalina Serpong.

    Terima Kasih Informasinya.
    Salam,
    Eko Marwanto

    BalasHapus
  6. Gara2 sama gua bingung mau ke j&t kok ke jet exprees , jadi pengiriman murah sbnarnya j&t gua malah ke jet exprees, akhirnya ya gak jadi ke jet, Krn stlh gue tanya ini j&t bukan? Meja jwb bukan,dan beda, ini yg menghambat dan mmbwt masalah , Bkn cma saya takutnya Bnky yg tercelik , tolong pihak terkait untuk mengatasi ini .

    BalasHapus
  7. JET Express dan J&T itu berbeda. Sejarah nya yang saya tau, JET Express ini sudah ada lebih dulu di bandung, namun belum dikenal. Sedangkan J&T itu baru muncul, dan sudah branding kemana mana menggunakan nama JET sebelum nya. Lalu Perusahaan JET Express menggugat nama yang digunakan J&T (Dulu nya JET Express). Dan akhirnya JET Express yang menang di pengadilan, kemudian berganti namalah menjadi J&T karena gugatan di menangkan oleh JET Express. Kira" begitu yang saya ketahui dari pihak JET Express yang bercerita kepada saya.

    BalasHapus
  8. AWalnya sih bodo amat cuman saya malah cari tau hahaha, sepertinya mereka satu induk agar tidak memolitiki di bisnis ekspedisi, yah emang bener yg saya tau jetexpress lebih dulu dan muncul lah j&t malah langsung muncul jd.id dengan brand color yang sama... kita sebagai pengguna malah jadi penasaran dan berdebat padahal si pemilik mah asik asik asik ha ha ha ha

    BalasHapus
  9. Bener banget tuh. Lihat aja website j&t pake nama www.jet.co.id bukannya www.jnt.co.id

    BalasHapus
  10. Bagi saya, yg penting pelayanan bisa dipertanggung jawabkan (tepat waktu sesuai jadwalnya, dan kalau pas ada masalah segra diselesaikan). Beda harga dengan eksp.lain asal tidak mencolok,OK saja. Petugas lapangan sopan.
    Mau pilih mana, tergantung kedekatan lokasi.

    BalasHapus
  11. Ya saya mah pilih jasa pengiriman dalam negri kaya pos jne tiki jet wahana dr pada J&t jasa pengiriman asal cina yg makin kuat diindonesia karena disukai orang kita.ya emang terbukti orang kita lebih senang jasa pengiriman cina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ada banyak jasa pilhan lain, ada si Cepat, anteraja, Ninja Express, dll.

      Hapus
    2. yang penting barang kekirim cepet bos, ora ngurus siapa saja yang ngirim, cina amerika arab kalo barangnya ga cepet nyampe ya bakal kalah.

      Hapus
  12. Trackingnya J&T kok pke nama situsnya https://www.jet.co.id/track ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia yang aneh, mungkin JET bisa menang gugatan atas namanya, tapi web domain nya masih milik J&T...

      Hapus
  13. YAH MINIMAL WARNANYA DI GANTI SALAH SATU JANGAN SAMA2 MERAH WALAUPUN NAMANYA HAMPIR SAMA

    BalasHapus
  14. Adakah nomer yg bisa di hubungi untuk mnjadi agen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ke web resmi nya aja gan... biasanya ada kontak buat yang mau jadi agen.

      Hapus
  15. Jadi agen jnt ya. Ini jawaban cs jnt ke saya
    syarat kerjasama agent :
    - ada tempat strategis dan nyaman minimal 30m2
    - biaya administrasi 65jt dibayar lunas di awal (hanya 1x saja selama masa kerjasama)
    - deposit asset dan branding J&T 70jt di awal ; deposit mencakup komputer, printer, barcode scanner, cctv, meja dengan branding J&T, neonbox J&T,billboard J&T (deposit akan dikembalikan saat sudah tidak menjadi agent)
    - tidak menjalin kerjasama/ menjadi agent dari ekspedisi lain
    - DIWAJIBKAN memiliki kenalan/mitra di bidang onlineshop yg belum menggunakan J&T, dengan rata2 pengiriman 500awb(resi)/hari ( memberikan bukti invoice 3bulan terakhir pengiriman paket )
    - Setelah setuju dengan semua syarat diatas, makan agent dapat mengajukan lokasi untuk disurvey oleh pihak J&T

    BalasHapus
  16. sok tau semua, hehehe
    yang duluan adalah JNT, lalu JET

    jadi ceritanya, pihak atasan JNT ada cekcok, biasala...
    lalu keluarlah salah satu atasan tersebut dr JNT, dan didirikan lah JET

    sekian terima kasih

    BalasHapus
  17. Cerita awalnyaa itu jet bangun di pertengahan bulan juli ..
    tanpa di sadari jet internasionalnyg berbasis di singapur datang ke indonesia dengan memaki nama jet tetapi di tolak oleh branding karena sudah ada jet ekspress di indonesia sebelumnya, tetapi jet internasiomal menggugat jet kepengadilan tetapi pengadilan memnangan jet ekspress untuk nama jet sedangkan jet internasional harus ganti nama jika mau buka di indonesia akhirnya ganti nama jadi j&t .
    tetapi untuk website serta alamt email tidak bisa karena jet internasional lebih awal memkain nama www.jet.co.id jadi jet buka website baru dengan www.jetxpress.co.id .

    BalasHapus
  18. small world.. lagi browsing beda jnt sm jet krn mo kirim barang jualan, eh nyampenya ke blog mas iman haha 😂, tq infonya mas

    BalasHapus
  19. Mau tnya dong klw pake jet expres dri manado ke depok berpa hari ya mohon petunjuk😔😔

    BalasHapus

Posting Komentar