Mengawali tahun 2023 ini Yamaha Indonesia meluncurkan produk baru andalan mereka. Produk kedua dari genre Classy Yamaha ini diberi nama Grand Filano Hybrid Connected. Agak berbeda dengan Fazzio yang meluncur sebelumnya, kali ini Grand Filano tambil dengan kesan lebih mewah dan fitur yang lebih banyak.

Kita bahas dari desain dulu kali ya. Seperti halnya Fazzio, Yamaha Grand Filano ini juga menganut desain ala skuter-skuter Eropa yang mengarah gaya Classic fashionable. Dengan desain yang terlihat lebih mewah dan elegan dibanding Fazzio yang cenderung fun dan sporty.

Jika dilihat sekilas memang ga bisa di pungkiri kalau Grand Filano ini terinspirasi dari Vespa. Ya siapa yang ga kenal sama brand yang satu ini? Skuter matic dari Piaggio yang sudah melegenda. Apakah salah jika Yamaha terinspirasi dari brand ini? Kalo menurut saya sih ga masalah ya. Karena dari dahulu memang sudah banyak yang 'meniru' desain seperti ini, mulai dari brand eropa seperti Lambretta, Peugeot Djanggo, Benelli Panarea, dll. Hingga ke brand-brand keluaran China dan motor listrik pun banyak yang menggunakan desain seperti ini. Seperti sudah menjadi trend belakangan ini.

Kenapa motor dengan desain genre classic seperti ini musim lagi? Karena memang ibarat dunia fashion, desain motor juga seperti sedang mengalami rotasi kembali. Orang sudah mulai bosan dengan desain yang racing look dengan tarikan garis yang tajam. Ada kalangan yang kangen atau ingin nostalgia dengan desain yang kalem, klasik, dan berkesan vintage. 

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected merupakan skutik matik pertama dikelasnya yang telah menggunakan TFT Sub Display, sehingga membuat tampilan digital speedometer semakin informatif dengan tampilan berwarna dan animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator. 



Tampilannya yang stylish semakin diperkuat dengan pencahayaan yang semakin terang karena seluruh lampu sudah menggunakan LED seperti Diamond Shaped LED Headlight, Unique LED Position Light, Front dan Rear LED Turn Signals, LED Tailight hingga lampu LED pada bagasi.

Menunjang tren gaya hidup modern masa kini dengan mengadopsi teknologi terbaru, Yamaha Grand Filano ini sudah menggunakan mesin Blue Core Hybrid 125 cc . Teknologi Blue Core Hybrid memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start yang membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika melewati jalan menanjak atau membawa penumpang.

Selain menggunakan mesin Blue Core Hybrid 125cc, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected disempurnakan oleh fitur canggih Yamaha Motorcycle Connect yang mendukung generasi masa kini untuk always on. Dengan teknologi Communication Control Unit (CCU), mampu menghubungkan sepeda motor dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect. Fitur ini memudahkan pengendara untuk mendapatkan notifikasi telepon, pesan, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan oli dan aki, memonitor konsumsi bahan bakar, rincian berkendara dan notifikasi malfunction. Sehingga dapat mendukung kebutuhan gaya hidup pengendara masa kini untuk semakin berkelas.

Yamaha Grand Filano menggunakan fitur Smart Front Refuel (pengisian berada di depan) sehingga pengisian bahan bakar lebih praktis tanpa membuka jok. Dengan posisi tangki bahan bakar berada di bawah dek dan pengisian melalui kompartemen depan membuat kapasitas bagasi motor ini menjadi 27 L yang merupaja terbesar di kelasnya (bahkan lebih besar dari Yamaha Nmax), sehingga dapat menampung barang bawaan lebih banyak seperti baju ganti, sepatu, hingga helm.

Selain itu ada Convenience Hook Carabiner, gantungan barang dengan sistem pengunci model carabiner sehingga lebih praktis saat membawa banyak barang. Kemudian fitur Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget. Dan seluruh tipe Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected sudah menggunakan Smart Key System, sebagai sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected LUX dengan desain jok premium untuk karakter pengendara lebih elegan dan mewah memiliki 2 (dua) pilihan warna premium, diantaranya LUX White Pearl dan LUX Matte Blue, yang dipasarkan dengan harga Rp 27,500,000 OTR Jakarta. Kemudian Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected NEO dengan pilihan 4 (empat) pilihan warna lebih beragam, diantaranya NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black yang dipasarkan dengan harga Rp 27,000,000 OTR Jakarta.

Gimana teman-teman apakah cukup menarik fitur dan harga dari Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected ini? Kalo fiturnya kaya gini apakah saingannya Scoopy atau jadi alternatif yang mau beli Vespa? 

Sumber : www.yamaha-motor.co.id

Post a Comment