Entah saya yang ketinggalan informasi atau memang promo mereka kurang kenceng di media. Ternyata selama ini PLN juga mempunyai anak perusahaan yang bergerak di bidang Internet Service Provider (ISP), yang bernama Indonesia Comnet Plus (ICON+). Berbeda dengan induk perusahaannya, ICON+ ini difokuskan dalam bidang jaringan telekomunikasi.

Awalnya ICON+ memang hanya digunakan untuk internal PT PLN itu sendiri, namun sejak 2005 ICON+ sudah mengantongi izin penyediaan layanan internet dan telepon untuk publik, dan sejak 2008 sudah mulai menawarkan layanan komersialnya ke publik. Hanya saja saat itu gagal di pasar karena belum pahamnya masyarakan akan teknologi ini. Teknologi yang digunakan adalah menggunakan kabel listrik dengan menggunakan modem yang cukup mahal kala itu. Berbeda dengan saudara nya dari BUMN lain yaitu Telkom yang  bisa memberikan harga lebih murah karena menggunakan teknologi ADSL dengan jaringan kabel telepon mereka. Lagipula saat itu penetrasi penggunaan internet di Indonesia masih rendah, bukan kebutuhan primer seperti sekarang.


Sekarang zaman sudah berubah, internet sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. ICON+ pun mengubah jaringan telekomunikasi mereka dengan yang lebih modern dan kencang saat ini yaitu dengan teknologi Fiber Optic (FO). Diam-diam ternyata jaringan kabel FO mereka sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Disaat FTTH lain memerlukan izin dan bersusah payah untuk membuat jaringan Fiber Optic mereka, PLN bisa memanfaatkan jaringan SUTET (Saluran Udara Tegangan Tinggi) dan tiang listrik mereka untuk membangun jaringan mereka ke rumah-rumah. Gokil kan?

Nah sekarang apa aja produk dari ICON+ ini? Untuk paket internet mereka menamainya dengan Stroomnet. Untuk Stroomnet ada beberapa kecepatan dan harga yang ditawarkan. Semuanya dengan kuota unlimited dan speed uplink dan downlink yang sama alias 1:1. Ada juga paketan internet + TV. Harganya cukup menggiurkan, mulai dari Rp. 101.000 perbulan! Berikut paket yang ditawarkan.



Untuk Channel TV ada 75 Channel TV yang bisa di nikmati. Mulai dari channel lokal hingga saluran terkenal luar negeri.

Ada pula paket channel TV ala Carte yang bisa ditambahkan selain channel diatas. Beragam channel yang ditawarkan mulai dari HBO, FOX, hingga channel anak-anak sperti Disney dan Nickelodeon.


Syarat & Ketentuan :
- Media 100% Fiber Optic
- For Residential (Rumah tinggal)
- Harga sudah termasuk sewa perangkat Set Top Box (STB) IP TV
- Masa berlangganan (sewa) layanan adalah minimal 2 tahun
- Harga sudah termasuk pajak (PPN)
- Biaya instalasi Rp. 450.000

Ada juga Program Customer get Customer (CGC) :
1. Pelanggan yang mencari customer lain (tetangga terdekat) disebut CGC)
2. Untuk 1 pelanggan ang diperoleh via program CGC, Pelopor CGC mendapatkan free 1 (Satu) bulan tagihan layanan (berlaku kelipatan) *syarat dan ketentuan berlaku
3. Radius tetangga terdekat adalah 3 km dalam 1 cluster / 1 RT dari pelopor CGC.

Melihat harga yang ditawarkan (mulai dari Rp. 101.000) terlihat sangat menggiurkan, mengingat provider dengan teknologi lain dengan paketan termurah saja sudah diatas 300 ribuan. Yang berat dari Stroomnet dari ICON+ ini mungkin hanya di biaya instalasi yang cukup besar, dimana provider lain sudah banyak yang menggratiskan biaya tersebut.

Untuk berlangganan bisa hubungi

Contact Center ICON+ di :
021 - 1500071

Atau registrasi online disini :
https://stroomreg.iconpln.co.id/

Gimana penasaran ingin mencoba internet Fiber Optik dari PLN ini? atau sudah ada yang pasang disini? Silahkan share pengalaman kamu di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Terima kasih, wasalam...

Sumber : cnbcindonesia.com

Post a Comment