Pagi ini banjir kembali mendatangi wilayah Jabodetabek. Di beberapa wilayah terpantau kembali digenangi oleh air dengan ketinggian bervariasi. Sambil memantau sosmed saya agak terhenti sejenak melihat postingan dari akun instagram @gesitsmotor yang berisi video motor listrik Gesits "main banjir-banjiran".

Link Instagram Gesits

Dari awal video tersebut terlihat motor listrik buatan Indonesia ini terlihat santuy melewati banjir dengan ketinggian sebetis orang dewasa. Di awal video terlihat memang bagian swingarm dan motor listriknya belum terendam air. Namun standar tengah sudah terendam.



Namun pada scene selanjutnya motor mulai berjalan dan terlihat swingarm nya sudah terendam air.


Begitu sampai pada ujung jalan, sepertinya kedalaman air semakin tinggi sehingga terlihat banjir sudah merendam hingga 80% dari ban motor atau hampir se lutut orang dewasa, dek motor pun sudah terendam air. Motor masih terlihat berfungsi dengan baik.



Entah video ini asalnya dari mana, apakah dari pemilik Gesits sendiri atau memang sengaja di shot oleh team Gesits untuk pembuktian motor mereka. Dari akun IG nya tidak disebutkan sumber video ini.

Banjir memang sudah menjadi hal yang biasa dihadapi oleh masyarakat Jabodetabek, terlebih di awal tahun 2020 ini. Oleh karena itu masyarakat Jakarta atau Jabodetabek pada umumnya membutuhkan alat transportasi terutama motor yang irit dan bisa menerjang banjir. Dibanding motor dengan mesin bakar biasa (terutama matic) Gesits ini harusnya memang bisa diajak menerjang banjir karena tidak memerlukan masukan udara dari air intake seperti mesin konvensional. Gesits hanya menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya.

Secara teknis Gesits mengklaim motor listrik mereka sudah didesign waterproof alias aman jika terendam banjir pada ketinggian tertentu, video ini salah satu buktinya. Namun pihak Gesits belum menjelaskan secara detail angka batas tinggi air yang diperbolehkan untuk di terjang oleh motor listrik buatan anak bangsa ini. Karena yang namanya motor listrik, tentu ada komponen penting yang bernama controller dan baterai, tentunya jangan sampai bagian itu kemasukan air akan terjadi korsleting jika berada dalam kondisi on pada saat menerjang banjir.



Post a Comment