Jutaan orang mungkin tidak menyadari, kalau dengan botol plastik kita bisa dapat tambahan duit. Ah, yang bener? Gimana caranya? Mungkin dari kalian sudah ada yang pernah mencoba atau mendengar tentang mendapatkan uang dari botol plastik dengan cara mangumpulkannya dan menjualnya ke pengepul. Namun hal ini kadang merepotkan untuk sebagian orang karena harus mencari dan mengumpulkan botol plastik dalam berat tertentu agar bisa dijual. Belum lagi kita ga tau tempat pengepul itu dimana aja. Kini ada cara yang lebih mudah dan simple berkat bantuan teknologi, kita bisa gunakan Plasticpay. Apa itu Plasticpay?


Plasticpay adalah ekosistem berbasis aplikasi yang bertujuan untuk mengurangi limbah plastik. Dengan Plasticpay, setiap orang bisa menukarkan sampah plastiknya dengan mudah dan menjadi Plasticpay Point yang bisa dibelanjakan di banyak tempat untuk keperluan sehari-hari anda. 

Caranya adalah dengan membawa botol plastik yang telah kamu kumpulkan ke Plasticpay Collection Centre terdekat. Bentuknya box seperti fending machine yang biasa untuk jual minuman. Untuk awal-awal cara menukarnya masih manual, maksudnya adalah masih harus ada petugas yang membantu kita dalam mencatat botol-botol yang akan kita masukkan. Kita bisa scan barcode nya lalu point pun akan masuk ke aplikasi Plasticpay kita. Kata petugas yang membantu saya, cara manual hanya ini untuk awal-awal saja sekalian pengenalan terhadap metoda ini ke masyarakat, kedepannya akan dibuat agar bisa self service dalam penggunaanya.


Untuk penukaran pointnya gimana? Plasticpay berkolaborasi dengan Inacash sebagai platform penukarannya. Plasticpay memanfaatkan platform blockchain Inacash sebagai wadah dan media transaksinya. Jadi tinggal kita download aja aplikasinya lalu daftar (register), terus coba deh masukin botol kamu ke box ini dan jangan lupa scan barcode nya biar dapet point. Pointnya bisa buat apa aja? bisa buat belanja di Alfamart, bisa buat donasi, atau juga bisa di tarik ke rekening.


Contoh perhitungan point. Point yang kita dapat dari 1 botol plastik air mineral ukuran 600ml akan mendapatkan 56 point yang sama dengan 56 Rupiah. Kecil ya? coba deh kalikan 100 botol? 5600 rupiah, kalikan 1000 botol? 56.000 rupiah! Lumayan kan? Kita bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah sambil menyelamatkan bumi dari sampah plastik.

Menurut saya ini ide yang sangat bagus untuk solusi masalah sampah plastik kedepannya. Dengan Plasticpay kita bisa membantu dunia menjadi lebih GO-Green. Coba saja bayangkan kalau di tiap pojokan lingkungan kita, disetiap RT/RW ada mesin pengumpul plastik ini tentunya sampah plastik di sekitar kita akan banyak berkurang sekalian kita bisa dapat uang dari situ. Asik kan?

Untuk link download aplikasi android bisa kalian klik di sini :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ics.mobile.plasticpay

Untuk iOS bisa disini :
https://apps.apple.com/us/app/plasticpay/id1472122185

Untuk lokasi yang saya coba ini ada di Alfamart Alfa Tower Alam Sutera

Post a Comment