Maung by Pindad. Dok. Pindad

Seperti yang kita tahu selama ini PT. Pindad adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Pada Senin 13 Juli 2020 kemarin Pindad meluncurkan kendaran taktis (Rantis) ringan mereka yang terbaru bernama Maung. Nama Maung dalama bahasa Sunda berarti Macan atau Harimau, sesuai dengan karakter mobil ini yang memang dibuat untuk penyergapan cepat jarak dekat.

Maung by Pindad. Dok. Pindad

Kalo dilihat dari desainnya kendaraan ini sangat militer sekali. Dengan desain serba kotak ground clearance tinggi, ban off road, berpenggerak 4 road (4WD), towing, dan overhang roda pendek yang siap banget buat diajak menjelajah ke medan apapun. 

Maung by Pindad. Dok. Pindad

Tipe mesinnya sudah turbo diesel 4 silinder, 2.400 cc, kemudian sudah 6 speed. Sudah lolos uji sampai kecepatan aman 120 km/jam. Rantis Maung juga sudah menggunakan suspensi independent, dilengkapi dengan towing 4 buah, termasuk winch (alat derek) dengan kemampuan menarik beban hingga 4,5 ton. Ada fitur standar untuk militer, pakai jerigen BBM kapasitas 2 x 20 liter, udah ada lampu blackout, dan ada GPS. Mantep banget kan!


Abraham Mose direktur utama PT. Pindad juga menjelaskan jika rantis Maung sepenuhnya di desain oleh tenaga ahli bangsa Indonesia. Mulai dari reka bentuk, plat besi, ban, kaca, hingga aksesoris dalam. Namun untuk mesinnya masih menggunakan jantung pacu milik kendaraan SUV Jepang, Toyota Hilux. Kedepannya Pindad akan membuat mobil ini 100% lokal hingga sasis dan mesinnya.



Maung by Pindad. Dok. Pindad

Info tentang Rantis Maung ini sudah tersebar ke luar negeri, beberapa negara sudah siap memesan mobil ini. Kabarnya Pindad juga sedang menyiapkan versi Maung untuk dijual ke sipil. Tentunya ada penyesuaian untuk versi sipil nya, bentuknya akan lebih SUV dan harganya akan lebih murah dari versi militer, kabarnya sekitar 500 jutaan. 


Wah mantep banget, setuju gak kalo mobil ini bakalan jadi Jip Humvee nya Indonesia? Tulis di kolom komentar ya..

Sumber : Kompas.com ,  Detik Oto

Post a Comment