Musim balap 2025 akan jadi tahun ketiga Ducati V21L tampil sebagai satu-satunya motor di Kejuaraan Dunia FIM MotoE. Diciptakan untuk jadi laboratorium berjalan dalam pengembangan teknologi alternatif pengganti mesin pembakaran internal, Ducati V21L bukan sekadar motor listrik biasa—ini adalah MotoGP versi elektrik, dan tahun ini hadir dengan sejumlah pembaruan penting.
Bobot Lebih Ringan, Performa Lebih Gesit
Efeknya? Simulasi menunjukkan peningkatan waktu putaran antara 0,3 hingga 0,4 detik, tergantung dari karakteristik sirkuit. Dalam dunia balap, ini bisa jadi pembeda antara podium dan sekadar finis.
Dari Sasis hingga Elektronik: Semuanya Diperbarui
Tak hanya di sektor baterai, pengembangan juga menyentuh hampir semua aspek motor. Powertrain, sistem elektronik, hingga sasis mendapatkan perhatian khusus dari tim teknik Ducati. Di antaranya:
-
Perubahan desain bushing kemudi, memperpanjang wheelbase sebesar 4 mm untuk meningkatkan stabilitas saat pengereman, tanpa mengubah sudut kemiringan dan trail.
-
Lengan ayun dengan pin yang bisa disesuaikan ketinggiannya, memungkinkan tim menjaga efek tarikan rantai tetap konsisten saat mengubah rasio roda gigi.
-
Velg belakang baru tanpa false-damper yang mulai digunakan di putaran Belanda, menghasilkan pengurangan berat sebesar 600 gram, meningkatkan kelincahan dan handling motor.
Traksi Lebih Pintar, Lebih Personal
Salah satu fitur yang ditingkatkan di musim ini adalah sistem kontrol traksi. Sekarang, teknisi tiap tim dapat menentukan tiga pengaturan berbeda yang bisa dipilih pembalap selama balapan. Setiap mode dilengkapi kalibrasi khusus yang memungkinkan pembalap menyesuaikan tingkat traksi di berbagai bagian lintasan—membuka peluang strategi baru saat balapan.
Siap Hadapi 14 Balapan di 7 Negara
Ducati akan kembali menyuplai 23 unit V21L: 18 untuk para pembalap, dan 5 cadangan yang disiapkan untuk mendukung sembilan tim yang berlaga. Musim MotoE 2025 sendiri akan digelar dalam tujuh putaran, masing-masing menyuguhkan dua balapan:
-
GP Prancis (Le Mans) – 9/10 Mei
-
GP Belanda (TT Circuit Assen) – 27/28 Juni
-
GP Austria (Red Bull Ring-Spielberg) – 15/16 Agustus
-
GP Hungaria (Balaton Park Circuit) – 22/23 Agustus
-
GP Catalan (Barcelona-Catalunya) – 5/6 September
-
GP San Marino (Misano) – 12/13 September
-
GP Portugal (Portimão) – 7/8 November
Dengan segala peningkatan teknis dan efisiensi yang dihadirkan, Ducati V21L siap memberikan warna baru dalam persaingan MotoE. Lebih ringan, lebih pintar, dan tentu saja—lebih cepat.
Sumber: TMCblog.com