Huawei Mate 20 Pro. Fiturnya bikin Flagship lain minder!


Setelah beberapa bulan belakangan ini bocorannya menghiasi internet, Huawei akhirnya secara resmi telah meluncurkan dua smartphone flagship yang dikembangkannya, Mate 20 Pro dan Mate 20. Keduanya datang dengan dukungan otak terbaru, yakni Kirin 980. Tapi kali ini kita akan membahas Mate 20 Pro saja, karena Mate 20 Pro adalah versi tertinggi Mate 20 Series.

Seperti kita ketahui persaingan di segmen flagship saat ini semakin sengit. Beragam teknologi yang disuguhkan semakin beragam. Trend dual camera yang bisa bokeh-bokehan sepertinya sekarang akan naik ke level yang lebih tinggi yaitu triple camera. Selain kamera, fitur-fitur canggih apalagi sih yang ada di hape Huawei Mate 20 Pro ini? Yuk kita bahas satu persatu.


Kita bahas dari segi desain dulu. Dibandingkan dengan pendahulunya Huawei P20 Pro dan juga hape-hape lain saat ini desain belakang hape ini terlihat lebih simetris. Kenapa? Karena posisi kamera dikumpulkan di tengah berikut dengan flash nya. Desain ini menurut saya membuat hape ini terlihat sangat cantik dan lebih clean, apalagi dengan beberapa pilihan warnanya yang cukup atraktif.


Pilihan warna di hape ini ada 4 yaitu, Emerald Green, Twilight, Midnight blue, dan Black. Khusus Emerald Green & Midnight Blue kalau kita lihat lebih detail ada tekstur garis yamg membuat hape ini menjadi semakin terlihat elegan dan nyaman untuk di genggam, kaya megang tangan gebetan gitu. Untuk warna twilight juga tidak kalah cantik, warna ini juga muncul sebelumnya di Huawei Nova 3i. Untuk Black ya hitam aja, nothing special.

Sekarang kita beralih ke bagian depan. Nah di depan kita pasti akan melihat sesuatu yang mulai mainstreem di hape-hape jaman now, yaitu adanya poni atau notch. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan adanya poni ini. Tapi menurut saya itu bukan sesuatu yang mengganggu, asalkan asalkan ada alsannya dan bukan sekedar gimmick.

Huawei Mate 20 Pro datang dengan layar dan dukungan kamera yang lebih canggih. Layarnya sudah mengadopsi teknologi OLED melengkung yang memiliki bentang ukuran 6,39 inci dengan resolusi 2K+ tepatnya 3120 x 1.440 piksel yang menghasilkan kerapatan layar 531 PPI. Tak hanya itu, Huawei juga membenamkan dukungan HDR.


Selain itu Mate 20 Pro ini mempunyai pemindai sidik jari di dalam layar. Tak main-main, Huawei membenamkan fitur keamanan biometrik modern ini yang punya sensitif terhadap tekanan. Ya! Sebuah inovasi yang menarik yang tentunya ditawarkan oleh Huawei.


Selain sensor sidik jari, kamera depan Huawei Mate 20 Pro ini juga dilengkapi dengan pemindai wajah atau 3D Face Unlock canggih yang bisa mengenali wajah dari 30.000 titik yang ada di wajah kita. Gokil!


Selain itu, body Mate 20 Pro ini juga bersertifikasi IP68, yang artinya anti air dan debu. Jadi bisa diajak main ke pantai atau kolam renang  nih. Kalo diajak nyelem atau buat underwater photography gimana? Lebih baik jangan deh. Tapi jangan kuatir Huawei sediakan aksesoris khusus Snorkling Case kalo mau ajak hape kamu nyelem sampe 5 meter.


Sekarang kita lanjut ke daleman nya. Huawei Mate 20 Pro ini dipersenjatai dengan Kirin 980 HiAI yang merupakan chipset buatan Huawei sendiri dan merupakan prosesor mobile performa tinggi pertama di dunia yang dibangun menggunakan arsitektur 7nm. Dibanding seri sebelumnya yang menggunakan CPU Cortex-A73, Kirin 980 dengan CPU Cortex-A76 menawarkan peningkatan performa hingga 75% dan power efisensi hingga 58%.


Memiliki delapan inti, Huawei membagi tiga bagian otak Kirin 980, yakni 2x 2.6 GHz Cortex-A76, 2x 1.92 GHz Cortex-A76 dan 4 x1.8 GHz Cortex-A55. Ketiga bagian tersebut akan bekerja sesuai kebutuhan, misalkan saat mendengarkan musik hanya satu otak yang jalan, sedangkan saat memainkan game dengan grafis tinggi akan membuat ke-delapan otaknya berjalan sekaligus.


Selain untuk performa prosesor ini juga membawa Artificial Intelligence (AI) ke tingkat yang lebih lanjut. Salah satunya pada sektor kamera. Ponsel dengan 3 kamera bukan merupakan hal baru bagi Huawei. Sebelumnya mereka telah menggunakannya pada seri P20 Pro. Masih bekerjasama dengan Leica, Huawei membuat AI di Mate 20 series mampu mengenali hingga 1500 scene berbeda, lebih banyak dari P20 Pro yang hanya 500. Lebih lanjut, AI nya memiliki fitur 3D predictive focus yang mampu mengenali objek bergerak dan memusatkan fokusnya pada objek tersebut.


Itu aja masih ada lagi sob. Ada tiga modul kamera di seri Mate 20 Pro, yakni 40 MP aperture f/1.8 wide, 20 MP aperture f/2.2 ultra wide dan telephoto 8 MP aperture f/2.4. Huawei sepertinya mendengarkan keluhan pengguna dengan meninggalkan lensa Black and White di P20 Pro dan menggantinya dengan lensa ultra-wide, begitu juga dengan seri Mate 20.


Adanya lensa wide tentunya membantu pengguna untuk mengabadikan gambar dengan angle lebih lebar, terutama saat berpergian. Seluruh view pemandangan akan terlihat dengan lensa ini.

Kecanggihan AI hape ini berlanjut ke sektor pengambilan video. Penggunaan AI pada video membuat kamu bisa mengambil video bak profesional.


AI Cinema mode memungkinkan kamu mengambil video dengan aspek rasio hingga 20:9 plus realtime HDR. Hasilnya bakal jadi Cinematic banget nih.


Nah untuk mode ini kamu bisa memisahkan warna objek dan background untuk lebih mendramatisir video. Misalnya kamu merekam objek penari dan backgroundnya mau dibuat abu-abu. Keren kan?


Nah di mode Director's Cut ini si teknologi AI bakal mengenali orang-orang yang ada di video kamu dan secara otomatis membuat editan sendiri untuk orang yang dia kenali tersebut. Jadi jika suatu saat kamu punya momen spesial dengan dia, bisa langsung di share dengan hasil editan yang sudah dibuat oleh sistem AI tersebut.

Mungkin mirip-mirip sama video yang suka dibuat Facebook saat kita ulang tahun atau video highlights yang ada di Google Photos kali ya? CMIIW.


Udah segitu aja? Beluum.. masih ada lagi yang serba AI dari hape ini. Kamera nya mampu memindai objek seperti mainan atau boneka menjadi 3D objek yang bisa di gerak-gerakan nantinya dari hape kita. Teknologi ini sepertinya perpaduan antara AI dan AR (Augmented Reality). dan bisa di upload juga ke jejaring sosial yang support objek 3D seperti Facebook.


Untuk Baterai Mate 20 Pro ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4200mAh dengan management daya yang diatur AI tentunya akan mendukung kegiatan berhape dengan lebih lama.


 Selain baterai besar untuk seri Mate 20 Pro ini juga dilengkapi dengan dukungan SuperCharger 40W. Output yang dihasilkan dari kepala charger tersebut adalah 10V/4A yang mana meningkat dua kali lipat dibanding Supercharge sebelumnya hanya 5V/4.5A. Dan sudah mendapat sertifikat keamanan fast-charging dari TUV. Yang bisa mengisi baterai dari 0-70% hanya dalam waktu 30 menit!


Selain charging yang cepat, hape ini juga bisa menjadi powerbank wireless. Ya, hape ini bisa reverse charge yang digunakan untuk charge hape lain yang support wireless charging. Dan tentunya hape ini juga bisa menggunakan wireless charging untuk mengisi daya selain menggunakan charger kabel.
Ada satu hal yang benar-benar baru disini. Huawei sepertinya hendak membuat standart baru untuk penyimpanan eksternal. Jika kita 15 tahun lalu menngenal SD Card, lalu mengecil jadi Mini SD, Lalu yang terakhir kita sering gunakan adalah Micro SD. Kali ini untuk pertama kalinya di dunia Huawei membuat NM Card atau Nano Memory Card yang kedepannya sepertinya akan menjadi standar baru semua hape di dunia. ukurannya sebesar nano SIM Card yang kita pakai untuk kartu operator. Jadi kedepannya tidak ada lagi slot hybrid. tapi cukup dengan 2 slot nano sim card.


Huawei juga sudah mengumumkan harga untuk seri Mate 20 Pro ini. Harga yang di berikan saat launching di London kemarin adalah 18 juta. Harga yang cukup premium memang. Sepertinya Huawei mencoba bilang kalau saingan mereka adalah iPhone XS bukan Samsung atau yang lainnya.

Sepertinya sekian dulu bahasan dari saya. Ga ada habisnya kalo kita bahas teknologi yang semakin canggih belakangan ini. Semoga bermanfaat.

Beberapa info diambil dari situs resmi Huawei dan Droidlime.com
Huawei Mate 20 Pro. Fiturnya bikin Flagship lain minder! Huawei Mate 20 Pro. Fiturnya bikin Flagship lain minder! Reviewed by iman787 on October 18, 2018 Rating: 5

No comments