Mudahnya Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan (2018)


Ga kerasa motor Suzuki Spin 125 udah mau 2 tahun ada di saya. Lihat plat nomor juga sudah lewat masa berlakunya. Ini saatnya perpanjang STNK dan Pajak Kendaraan Bermotor 5 tahunan. Setelah mecoba cari tahu caranya di google dan tanya-tanya saudara yang pernah mengurus ternyata tidak terlalu sulit. Gimana Caranya? Yuk saya akan coba share pengalaman saya mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan sendiri ke Samsat.

Syarat-syarat yang harus dibawa ga ribet kok. Hanya STNK asli, BPKB Asli, KTP pemilik sesuai STNK (coba pinjam ke pemilik yang lama kalo belum balik nama atas nama sendiri), dan yang terpenting bawa duit cash buat bayar! hehehe...

Setelah syarat-syarat tadi siap, langsung kita menuju Samsat terdekat (sesuai domisili si STNK). Usahakan datang lebih pagi, karena semakin siang semakin panjang antriannya. Setelah datang ke samsat langsung saja menuju tukang Fotocopy yang ada di dalam/sekitar Samsat, bilang aja mau perpanjang 5 tahunan. Nanti si abang nya sudah tau mana saja yang harus di fotocopy, dan sudah diberikan map biasanya. Berkas kita pun disusun rapih olehnya.


Lalu karena ini perpanjang 5 tahunan, harus dilakukan cek fisik pada kendaraan kita. Kita pun harus ke bagian Cek Fisik dulu. Yang di cek sebenarnya hanya nomor rangka dan nomor mesin. Nomor itu nanti di gosok diatas kertas stiker khusus yang dikeluarkan oleh samsat menggunakan pensil atau yang sering kita dengar dengan istilah "gesek". Petugas cek fisik biasanya sudah hafal dimana letak nomor-nomor itu di motor kita (kecuali itu motor baru).


Setelah cek fisik selesai dari pintu masuk gedung samsat kita diarahkan menuju loket cek fisik. Nanti kita akan mendapatkan cap dan legalitas lainnya untuk menuju loket selanjutnya.


Setelah loket cek fisik, tahap selanjutnya sama seperti kita perpanjang pajak tahunan. Yaitu melalui loket pendaftaran. Berkas tadi kita masukkan semua (kecuali BPKB), lalu menunggu dipanggil (sesuai nama di STNK ya) untuk mengecek kesesuaian data dengan BPKB yang kita pegang. BPKB nya harus asli ya.


Setelah dipanggil dan data sesuai, kita akan disuruh ke kasir untuk melakukan pembayaran. Ini juga menunggu dipanggil lagi. Nah mulai deg-degan disini berapa ya kira-kira biayanya? Mana telat sebulan lagi... hehehe...


Setelah dipanggil dan membayar kita akan mendapatkan bukti pembayaran seperti diatas. Alhamdulilah karena motor sudah beranjak tua pajaknya sepertinya semakin turun. hehehe.


Bukti tadi jangan hilang, karena akan kita gunakan untuk tahap selanjutnya yaitu mengambil lembar STNK dan Pajak nya. Biasanya kondisinya belum dimasukkan ke plastiknya, jadi kita masukkan sendiri aja ya.


Selanjutnya jangan lupa ke loket penyerahan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau Plat Nomor. Tunjukkan saja STNK yang sudah di perpanjang tadi ke petugas. Dan.... tidak perlu menunggu lama Plat Nomor kita pun keluar. Ngecat nya cepet bener ya keringnya? Dari proses masuk berkas sampe nerima nomor kayanya ga sampe 2 jam (mungkin berbeda jika di samsat lain). Tapi good job lah buat Samsat Ciledug!


Plat nomor baru pun siap menggantikan plat nopol yang lama. Ok, cukup sekian semoga bermanfaat. Terima kasih.
Mudahnya Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan (2018) Mudahnya Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan (2018) Reviewed by iman787 on March 08, 2018 Rating: 5

7 comments

  1. Terima kasih banyak ya infonya! Penggunaan bahasanya gak kaku dan cukup dipahami dan dimengerti

    ReplyDelete
  2. makasih infonya mas..kbetulan mau perpanjang pajak 5 tahunan juga...

    ReplyDelete
  3. Bang kalo ga da ktp or sim pake kk bisa ga yah... Coz ktp lg pengurusan ulang

    ReplyDelete
  4. Bpkb ku sekolah.. Trs gmn donk

    ReplyDelete
  5. kalau motor bandung skr tinggal dijakarta gimana?? apa harus dibawa kebandung si motornya?? mohon infonya...

    ReplyDelete
  6. Alngakah baiknya pemilik web menjawab pertanyaan2 di atas hehe

    ReplyDelete