Pengen ngerasain balap bareng Rossi atau Marquez? Atau ada yang lagi nunggu mulainya musim MotoGP tahun ini? Nah saya mau kenalin nih game official dari Dorna Sports, MotoGP Championship Quest. Game buatan We Play Media  ini bisa di jalankan di iOS maupun Android. Dan gratiss sob! Biasa, namanya game gratis pasti ada beberapa item yang bisa kamu beli di dalamnya. Buat yang sebelumnya pernah main game SBK15/16 pasti familiar. Tapi yang ini beda cara mainnya sob. Yuk kita bahas satu persatu.



Pertama masuk kita bakal disuguhin tampilan kaya gini sob. Ya loading page biasa sih, tapi sekalian dimasukin jadwal MotoGP yang akan berlangsung, data sirkuit dan rekor yang tercatat di sirkuit tersebut. Tapi sepertinya update yang saya gunakan ini masih jadwal yang musim lalu, karena musim tahun in baru mulai 26 Maret 2017 nanti di Losail Qatar. Jadi ga sabar nunggu musim depan.

Oiya game ini defaultnya menggunakan bahasa Inggris namun bisa diganti menggunakan bahasa Indonesia melalui menu setting>language. Cuma jadi agak aneh sih menurut saya. Tapi kita boleh bangga lah, karena sekarang Dorna menganggap Indonesia merupakan pasar potensial mereka.



Tampilan default menu nya seperti ini, game ini bisa kamu hubungkan dengan Facebook kamu untuk adu skor dengan teman-temanmu di FB. Foto dan nama kamu bakal muncul juga. Kalo ga mau konek dengan FB juga bisa, hanya kamu akan terdaftar sebagai Guest.

Sepertihalnya pembalap baru, kalian tentu harus memiliki motor untuk balap (iyalah, masa pake becak). Disini saya menggunakan Suzuki GSX-RR, kenapa? Ya saya suka bentuknya dan ga pasaran aja. hehe..


Motor terbagi jadi 2 kategori, yaitu motor Pemula (Rookie) yang tanpa sponsor dan Tim (Team) dengan sponsor. Keuntungannya apa jika ada sponsor? Bonus harian kalian tentunya bakal lebih banyak karena sponsor juga ikut mendanai kamu. Kamu juga bisa membeli pembalap Pro MotoGP yang terkenal seperti Valentino Rossi atau Marc Marquez. Tapi dana awal yang disediakan hanya cukup utuk beli motor Pemula. Berikut perbandingan benefitnya.

Dengan motor Pemula (Rookie):



Dengan Motor Sponsor (Team):




Dengan Pembalap Pro 2016:



Untuk Jenis balapan kalian bisa memilih ikut Rookie Race (balapan pemula) atau ikut Turnamen balap dengan hadiah menarik. Hadiahnya juga bisa dapetin pembalap motogp gratis loh.



Ada juga MotoGP Fan World Championship. Saya agak kurang ngerti sih cara ikutannya. Ini semacam kejuaraan dunia secara online. Mungkin kita harus memakai pembalap Pro untuk ikutannya karena terlihat kita bisa mendukung pembalap jagoan kita di championship ini. Hadiahnya lumayan loh!





Gimana untuk Gameplay nya? 
Nah game ini berbeda cara mainnya dengan game balap motor umumnya seperti seri SBK16. Game ini fokus ke apa yang membuat pembalap bisa menang di sirkuit. Bingung? hehe... tenang saya jelasin. 



Untuk menang, pembalap harus bisa membuat racing line yang baik. Caranya, pembalap harus berada di titik Pengereman dan Akselerasi yang tepat/sempurna. Nah titik tersebut lah yang jadi fokus kita di game ini. 


Yah gampang dong? Ga juga, soalnya kita harus fokus ke titik kapan kita harus ngerem dan ngegas lagi. Soalnya jika kamu telat atau terlalu cepat bakalan ngerubah racing line kamu, yang akhirnya kita bakalan kesalip oleh pembalap lain.


Ngerti kan? Cobain aja, gampang kok. Game ini dibuat semudah mungkin agar semua fans MotoGp cowok/cewek bisa main game ini dengan nyaman. Atau kalian lihat aja aksi saya di video berikut ini.






4 Komentar

  1. Gmna cara dapet pembalap pro nya om susah bgt

    BalasHapus
  2. Gmana caranya ikut turnamen,ada perintah lakukan pembelian

    BalasHapus
  3. Cara ikut tournament gmn ya, padahal diamond nya sdh cukup untuk entry, tapi tetap disiruh purchase paddock gtu

    BalasHapus

Posting Komentar