Masih ingat film animasi Coco? Film itu mengangkat salah satu festival yang ada di Mexico yaitu Dia de los Muertos atau Festival Kematian. Dia de los Muertos memang tengah menjadi perhatian setelah diangkat dalam film Coco. Pada dasarnya festival ini adalah sebuah tradisi turun-temurun masyarakat Mexico untuk menghormati anggota keluarga yang meninggal.


Dia de los Muertos digelar setiap tanggal 1 dan 2 November. Adapula yang mulai merayakan dari tanggal 31 Oktober di malam hari dengan mendatangi makam keluarga dan membawakan bunga serta sesajian lainnya.




Dalam perayaan ini, masyarakat percaya bahwa para arwah akan datang ke dunia di hari tersebut dan mengunjungi para keluarga. Jauh dari citra seram, justru festival kematian ini adalah sebuah ajang yang penuh suka cita dan kegembiraan.



Selama perayaan berlangsung, di rumah-rumah masyarakat biasanya akan ada ofrenda atau meja persembahan yang berisikan bunga, makanan, lilin, dan juga foto keluarga yang sudah meninggal.


Jalanan di sudut-sudut Meksiko dipenuhi parade Festival Kematian. Banyak orang menggenakan kostum tengkorak dan hiasan serba tengkorak memenuhi jalanan


Kostum tengkoraknya ada yang dihias sekreatif mungkin. Begitu pula pernak-perniknya, banyak yang berbentuk tengkorak.



Meski paradenya meriah, tapi orang-orang Meksiko tetap berdoa dengan khidmat di kuburan tempat orang tercinta mereka yang sudah meninggal.


Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut parade.


Dalam momen ini, pesan moral yang terkandung dalam festival perayaan Dia de los Muertos adalah untuk tetap menghormati para leluhur meski sudah lama telah tiada. Perayaan ini juga menjadi penyambung tradisi keeratan hubungan antar-anggota keluarga dan menjadikan keluarga sebagai prioritas utama.

Sumber : Detik.com
Foto : Edgard Garrido/Reuters

Post a Comment