Siapa yang tidak kenal dengan kota Palembang? Kota yang terkenal dengan makanan khas nya yaitu Pempek ini kini telah berkembang mejadi kota yang besar. Sejak dibangun nya kawasan Jakabaring sebagai sport city nya Indonesia, Palembang pun terus berbenah. LRT yang sedang di bangun dari bandara hingga ke kawasan Jakabaring membelah kota Palembang.



Selain pembangunan, sektor pariwisata di Palembang pun terus berkembang karena semakin banyak orang yang berkunjung ke Palembang. Banyak atraksi wisata yang bisa dilakukan di Palembang, salah satunya ada di Rumah Limas yang ada di Jl. Demang Lebar Daun nomer 51 Palembang ini. Kebetulan saya bersama rekan-rekan berkesempatan berkunjung kesana dan dapat bertemu dengan pemiliknya langsung yaitu Kms HA Aziz Hamid. Orangnya sangat ramah, beliau mengajak kami berkeliling Rumah Limas ini.

Foto by : I Made Ashdhiana, Kompas.com

Rumah Limas ini didirikan sejak 1991. Awalnya Rumah adat Sumatra Selatan ini beliau bangun hanya untuk tempat keluarganya berkumpul saja, namun seiring waktu semakin banyak orang datang dan ingin berfoto di rumah ini akhirnya dibuka untuk umum. Bahkan pernah ada secara rombongan 120 orang datang ke Rumah Limas ini.

Aula Rumah Limas Demang Lebar Daun

Rumah ini berkembang menjadi lebih luas, bahkan sekarang rumah ini di bagian belakangnya terdapat Aula yang berukuran cukup besar dan dapat dipakai untuk resepsi pernikahan yang dapat menampung hingga 1500 orang. Bagi yang ingin melangsungkan pernikahan disini Pak Aziz sudah menyiapkan paket yang sudah termasuk sewa ruangan, katering, dan baju adat lengkap.




Selain itu tempat ini bisa juga jadi tempat foto-foto yang asyik loh. Kamu bisa berfoto disini dengan menggunakan baju adat Sumatera Selatan. Pake baju adat ribet? Disini ga sob... Baju-baju adat disini sudah di desain agar memudahkan para pengunjung untuk memakainya. Cuma butuh 5 menit untuk memakainya. Ada sekitar 120 set baju adat disini. Banyak pilihan warnanya bisa pilih warna yang kita suka. Ukuran nya pun beragam, dari mulai anak-anak, dewasa, bahkan untuk yang berbadan gemuk pun ada.



Biaya untuk sewa baju disini Rp.150.000 itu sudah termasuk foto (difotoin fotografer) dan jika ingin dicetak foto bisa dicetak disitu juga plus framenya, sisa foto yang tidak dicetak akan di masukan kedalam CD. Bagi yang hanya ingin berselfie ria cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 saja. Tidak usah takut kegerahan, karena Rumah Limas di Demang Lebar Daun ini sudah dilengkapi oleh AC. Selain foto kita juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Palembang disini.



Gimana... tertarik untuk berkunjung ke Rumah Limas ini? Kalau saya pribadi sih berkesan banget bisa berkunjung kesini, berasa Palembang banget gitu. hehe... Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaaat.



Post a Comment