Review HipCar. Aplikasi Canggih Untuk Sewa Mobil.


Ada yang udah tahu HipCar? Sudah kenalan sama aplikasi yang satu ini? Disini saya coba review tentang aplikasi untuk sewa mobil yang kece ini. Ini murni pengalaman pribadi, saya ga dibayar sama Hipcar nya ya. Just sharing my experience.

Berawal dari keinginan keluarga saya untuk mudik tahun ini ke kampung Papah Mamah saya di Kuningan, Jawa Barat. Karena mobil kami sudah lama di jual kami pun harus menyewa mobil untuk mudik. Ya seperti mungkin yang sudah kita tahu kalau nyewa mobil di musim liburan gini apalagi lebaran para rental mobil pasti nyewain mobil dengan harga yang ga rasional lagi. Untuk sewa seekor Avanza saja harus ngeluarin 600 ribu, udah gitu harus nyewa seminggu pula! Harus keluar duit berapa coba? Belum lagi biaya bensinnya.


Setelah lama cari-cari, saya teringat dulu sekitar tahun 2016 saya pernah liat iklan aplikasi buat sewa mobil namanya HipCar di Facebook/Instagram gitu. Saya coba instal, dan waktu itu armadanya masih 2 mobil kalo ga salah. udah gitu pangkalannya masih sedikit, masih beta juga aplikasinya. Nah di tahun ini saya coba instal lagi. Dan wow... sekarang pangkalannya sudah banyak dan mobilnya pun sudah banyak. Saya coba deh buat nyewa mobil.


HipCar ini sebenernya adalah aplikasi untuk sewa mobil on demand, alias buat sewa mobil dadakan. Ya, aplikasi ini ga bisa di booking jauh hari kaya kita nyewa mobil ke rental. harus hari itu juga kita bookingnya. Mangkanya ya untung-untungan kalo di pas pangkalan terdekat mobilnya lagi ada ya kita bisa langsung booking dan pake, kalo lagi kosong ya kita harus ambil di pangkalan lain. Kita bisa lihat ketersediaan mobil melalui maps yang langsung keliatan begitu kita buka aplikasinya. Ada titik-titik pangkalan dan disitu ada angka yang menunjukkan berapa mobil yang tersedia di pangkalan tersebut.

Kalo di Grab Car, Go Car, ataupun Uber, kita sewa mobil beserta supirnya, nah kalo di HipCar mobilnya disewakan tanpa supir. HipCar memang diperuntukkan buat yang punya SIM A tapi ga punya mobil. Ya kaya saya ini... hehehe. Atau juga bisa jadi solusi yang emang ga mau beli mobil karena ga ada lahan parkir, males ngurus biaya perawatan, pajak, dll. Dan coba deh perhatikan yang punya mobil biasanya pake mobilnya berapa kali sih seminggu? Mangkanya ada istilah "mobil weekend". Nah Hipcar melihat peluang disitu.


HipCar ini semuanya dilakukan self service alias ngurus sendiri. Dari mulai registrasi, topup saldo, ngambil mobil di pangkalan, sampe buka pintu mobil lewat aplikasi! Keren kan? Saya cukup amaze waktu pertama buka mobil ini. Di dalam mobil sudah tersedia Kunci, STNK, dan kartu bensin Pertamina. Iya, kita kalo nyewa mobil udah termasuk bensin loh. Enak kan? Kartu bensin ini bisa kita gunakan di SPBU yang berkode 31 alias punya Pertamina sendiri (bukan punya swasta). Kalo diluar kota gimana? Kita tinggal isi aja di SPBU Pertamina biasa, isi nya Pertamax ya, sesuai rekomen dari Hipcar. Fotoin speedometer sebelum dan sesudah isi beserta struk bensinya. Nanti duit yang kita keluarkan akan diganti dan masuk saldo Hipcar kita.


Cara registrasinya gimana? Gampang kok, asal kita punya SIM A (aktif) dan KTP. Ikutin aja petunjuk registrasinya di aplikasi. Alamat dan nama  di KTP dan SIM harus sama ya, saya sempet ga di approve karena KTP sama SIM beda alamatnya karena SIM masih alamat yang lama. Akhirnya setelah nanya lewat fitur Live Chat di aplikasinya boleh pake KK  di foto aja terus dikirim via live chat, dan akhirnya di approve!


Lanjut ke Top Up atau isi saldo. Geser aja layar ke kanan atau sentuh ikon garis-garis di pojok kiri atas, nah disitu ada menu, diantara menu tersebut ada menu Top Up.


Top Up bisa isi minimal 100 ribu, dan selanjutnya kelipatan 10 ribu rupiah. Pembayarannya via transfer bank BCA. Kalau sudah kirim aja bukti transfernya via live chat. kalo udah approve nanti langsung masuk saldo kita dan bisa langsung gas deh.


Sebelum top up sebaiknya kalian hitung dulu estimasi biaya di menu Fee. Disini kita bisa pilih mobil apa yang mau kita pake, terus scroll kebawah, isi kita mau pake berapa lama tu mobil, nanti keluar estimasi biayanya. Mobil ini bisa kita pake per jam, per 8 jam, per 12 jam, per hari, atau per minggu. Asal sadonya cukup aja, kalo kurang nanti di ingetin via live chat, soalnya kalau saldo kita kurang nanti kita ga bisa kunci mobil lewat apps.




Kalau sudah registrasi, isi saldo, dan berhasil masuk ke dalam mobill. Kebetulan unit yang saya dapet Toyota Calya, mobil ini masih baru sekali, masih kinyis-kinyis. Kilometer masih 600-an waktu pertama diambil. Dan cukup nyaman, hanya saja user yang sebelumnya make mobil ini sepertinya ga sempet nyuci mobil ini dulu , jadi agak kurang kinclong aja. tapi dalem sih masih ok lah kebersihannya. Oiya kalau kita balikin mobil sebaiknya kita kembalikan dalam keadaan bersih, karena ini sharing car user berikutnya yang akan menilai kebersihan mobil kita. Kalau kotor akun kita bisa saja di banned oleh Hipcar.


Kesimpulannya, mudik bersama HipCar ini cukup berkesan buat saya dan keluarga. Karena ini pertama kalinya saya nyoba aplikasi ini dan langsung jarak jauh. Selama perjalanan service yang diberikan Hipcar dari live chat nya sangat baik, apapun pertanyaannya di respon dengan ramah. Cukup puas lah dengan pengalaman pertama ini.


Semoga kedepannya HipCar makin banyak lagi armadanya dan pangkalannya makin dekat dengan rumah saya, jadi ga perlu ngambil jauh-jauh lagi. Untuk info lebih lengkapnya mungkin bisa cek di websitenya www.hipcar.com atau tutorial cara makenya di blog.hipcar.com. Bisa juga download apps nya terus tanya-tanya lewat live chat aja. Pasti dijawab kok. Atau bisa tanya lewat comment dibawah tentang pengalaman saya pake apps ini. Segitu dulu kayanya.

Assalamualaikum.
Review HipCar. Aplikasi Canggih Untuk Sewa Mobil. Review HipCar. Aplikasi Canggih Untuk Sewa Mobil. Reviewed by iman787 on July 13, 2017 Rating: 5

7 comments

  1. Kunci mobil saat kt parkir, pakai aplikasi juga? atau pakai kunci biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Direkomendasikan pake aplikasi. Tapi kalo hape lagi lowbat bisa pake kunci biasa.

      Delete
  2. terima kasih mas infonya sangat membant, rencana saya juga mau pakai jasa ini untuk lebaran 2018 nanti mdh2n armada nya selalu ada alias tidak terbatas.

    ReplyDelete
  3. Berikut bisa jadi referensi mas untuk rental mobil banyuwangi yang murah
    http://www.adreenatransport.com/2017/05/daftar-harga-kami.html

    ReplyDelete
  4. Masnya byr di awal langsung sbnyk 2jt itu, atau saldonya baru ditambahkan 2jt stlh pemakapem

    ReplyDelete
  5. Promo nya sekarang hanya top up dapet bonus 10% aja ya.. sama kalau daftar baru bisa dapet bonus Rp 50.000,00. Cuma tinggal daftar , lalu masukkan data diri, dan masukkin kode refence code nya (contoh: "DNJO09LZ" (tanpa petik) .

    ReplyDelete