Gallery detail BMW G310 R, rakitan India kualitas Eropa


Masih dari ajang Thailand International Motor Expo, kali ini agak melipir ke booth mobil. Disana terlihat ada beberapa booth moge, diantaranya BMW dan Ducati. Nah... ada satu motor yang menarik perhatian dari Booth BMW, disana ada motor yang tidak besar bila dibandingkan motor-motor BMW lainnya. Yup, disana ada  BMW G310 R hasil kolaborasi antara BMW Motorrad dan TVS india. Seperti apa impresi pertamanya? Cekidot foto-foto wak haji TMCBlog berikut ini.



Mari kita mulai dari depan dulu. Headlamp belum menggunakan LED, tidak terlalu besar terlihat sangat maskulin dipadukan dengan lampu sign yang runcing. Terdapat lampu senja yang menyatu dengan lampu utama. Agak mirip headlamp Yamaha Byson lama ya? Namun ini lebih segitiga dan penuh lekukan. Wah kalo masuk Indonesia plat nomer ditaro dimana ya?



Suspensi depan Upside down dengan warna Gold Jelas menambah aura premium dari Motor under 500 cc BMW ini sob, bersama dengan Monoshock tanpa Link . .  Kedua jenis suspensi ini menempel pada sasis Turbular dual – double beam. Desain body Depan G310R yang di develop di Munich ini cukup solid dan padat, menutupi fakta bahwa motor ini adalah under 500 cc.



Bentuk tanki nya sangat padat, menggunakan model kondom seperti Byson dengan kapasitas 11 liter. Berpadu dengan shroud yang meng-cover mesin dengan baik.


Secara build quality las-lasan motor rakitan paprika TVS ini terbilang sangat jempolan sob.  Begitu juga dengan body plastiknya, detail tiap layer sangat rapi. Standar Eropa bingits...



Desain buritan terlihat sangat gagah. Desain spakbor menggantung seperti moge street fighter jaman sekarang. Lampu rem terlihat sudah menggunakan LED. Desain behel seperti tanduk yang sengaja dibuat besar, selain membuat kesan macho juga sangat fungsional, terutama saat perlu menggeser-geser motor ini di parkiran.




Dari segi pengereman BMW G 310 R menggunakan sistem perngereman disk Brake baik di depan maupun di belakang dengan Dual Channel ABS, yang artinya sistem ABS ban depan dan ban belakang bekerja independen. Kaliper depan dua piston dan Kaliper belakang satu piston dengan brand Bybre.


 

Motor yang desainnya dimiripkan dengan BMW S1000R ini dibekali dengan mesin 313 cc satu silinder reverse engine DOHC 4 klep berpendingin cairan. Coba bro lihat foto diatas ada knalpot yang keluar dari silinder yang miringnya malah agak condong ke belakang ini. Unik? Bukan BMW namanya kalo ngeluarin motor yang biasa aja. Akibat leher knalpot yang mengarah ke belakang ini bentuk radiator bisa menjadi lebih besar dan membuat silinder yang memiliki ukuran bore x stroke nya adalah 80 x 62,1 mm jadi lebih dingin. Brrr....


Mesin Satu silinder BMW G 310 R ini  diklaim bisa menghasilkan power sebesar 34 hp @ 9.500 rpm dan torsi Maksimum 28 Nm @ 7.500 rpm .. . angka ini bahkan melebihi power maksimum klaim dari KTM 390 Duke yang memiliki power 32 hp. Top Speed BMW G 310 R di klaim sebesar 145 km/jam




Apakah motor ini akan masuk Indonesia? Hmm... mengingat motor ini memiliki kubikasi diatas 250 cc rasanya akan sulit jika harganya akan mirip-mirip Ninja 250R atau Yamaha R25. Karena diatas 250 cc motor akan terkena pajak yang sangat tinggi dibanding 250 cc kebawah. Perlu APM yang sangat berani struggle untuk menjual produk ini. Kecuali BMW atau mungkin saran dari TVS bisa membuat motor ini turun kubikasi jadi 250 cc seperti yang dilakukan oleh pabrikan Benelli dengan TNT 250 nya. Silahkan di nikmati info nya... semoga berguna. 
Gallery detail BMW G310 R, rakitan India kualitas Eropa Gallery detail BMW G310 R, rakitan India kualitas Eropa Reviewed by iman787 on December 07, 2015 Rating: 5

1 comment